Berita


Kamis, 23 Mei 2024

Sertifikasi Overhead Crane

Sertifikasi Overhead Crane

Pada tanggal 21-22 Mei dan dilanjutkan pada tanggal 24 Mei 2024 lalu, telah terselenggara Training Sertifikasi Overhead Crane Kelas 3. Training ini bersifat blended, yaitu 2 hari online dan 1 hari offline di Klaten dengan jumlah peserta 6 orang dari SJA 1 dan SJA 3.

Training ini dilaksanakan untuk pemenuhan kompetensi dan sertifikasi sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI No. 8 tahun 2022 tentang Pesawat Angkat dan Angkut.

Kegiatan training terdiri dari pemaparan materi, praktek dan juga tentunya ujian. Materi diberikan oleh Disnaker, berupa materi dasar K3 Pesawat Angkat dan Angkut, Petunjuk Keselamatan O H C, Overhead Crane, Material Handling, Rigging dan Wire Rope. Sementara itu, praktek diisi dengan latihan pengoperasian alat. Untuk alatnya sendiri hampir sama seperti di area kerja, hanya saja berbeda kapasitas angkutnya. Selain materi dan praktek, juga terdapat ujian tertulis dan penilaian praktek.

Setelah mengikuti training ini, peserta diharapkan dapat mengimplementasi pengetahuan dan kompetensi yang diperoleh selama bekerja, beberapa diantaranya adalah membuat dan melaksanakan pemeliharaan di area kerja, serta membuat prosedur/ IK cara kerja aman dan mensosialisasikannya kepada rekan kerja. 


icon-prev
icon-next
Hak Cipta © 2024 PT SANTOS JAYA ABADI. All Rights Reserved.
Hak Cipta © 2024 PT SANTOS JAYA ABADI. All Rights Reserved.