Berita


Jumat, 7 Jun 2024

Refreshment Training Fire

Refreshment Training Fire

Dalam rangka me-refresh pengetahuan dan melatih kembali keterampilan petugas Fire dalam menghadapi dan mengatasi situasi kebakaran di area kerja, maka SJA 3 melaksanakan Refreshment Training Fire pada tanggal 24 Mei 2024 dan 6 Juni 2024 yang lalu. Kegiatan ini masing-masing terdiri dari dua sesi, yaitu materi dan praktek.

Dalam praktek dilakukan simulasi pemadaman kebakaran menggunakan hydrant. Simulasi ini dilakukan dengan pembagian tim, yang mana masing-masing anggota tim diberikan peran. Ada yang menjadi komandan regu, nozleman (peran yang memakai baju Orange dan mengarahkan air ke api), hoseman (peran yang mengatur selang), serta bagian pump hydrant (peran yang mengatur keran hydrant). Perlengkapan hydrant sendiri ada hydrant pillar, nozzle, hose indoor (2), hose outdoor (1), spray gun, dan Y connection. Sementara APD yang digunakan petugas adalah helm, fire jacket, fire safety shoes, fire gloves, respirator, dan SCBA.

Berikut skenario dari simulasi pemadaman kebakaran menggunakan hydrant:

1. Briefing dari komandan regu, berupa pembagian tugas dan strategi pemadaman;
2. Persiapan, dimana nozzleman memakai perlengkapan fire dan hoseman memposisikan selangnya;
3. Pemadaman, dimana komandan regu memberi aba-aba ke petugas pump hydrant untuk membuka kerannya, kemudian nozzleman mengarahkan ke api hingga api padam. Jika sudah padam, maka komandan regu memberi aba-aba ke petugas pump untuk menutup keran hydrant;
4. Merapikan alat yang digunakan, yaitu menggulung selang dan mengeluarkan air yang ada di selang, serta melepas APD.

Dengan pembekalan materi dan pelatihan langsung ini petugas Fire diharapkan dapat mengantisipasi situasi kebakaran di area kerja, meskipun tidak diharapkan terjadi kondisi yang tidak diinginkan. 


icon-prev
icon-next
Hak Cipta © 2024 PT SANTOS JAYA ABADI. All Rights Reserved.
Hak Cipta © 2024 PT SANTOS JAYA ABADI. All Rights Reserved.